4.07.2010

Antara Intel dan AMD

AMD (Advanced Micro Devices) dan Intel (sebelumnya dikenal sebagai Integrated Electronics Corporation) adalah dua nama terbesar di industri komputer saat ini. Kedua perusahaan tersebut telah terlibat pertempuran dalam beberapa dekade. Kedua perusahaan itu didirikan hanya berselisih satu tahun, dengan Intel menjadi lebih tua (1968) dan AMD yang lebih muda (1969). Kedua perusahaan terlibat dalam memproduksi banyak perangkat elektronik mulai dari chip, memori untuk modem. Tapi awal intel masuk ke dalam pasar mikroprosesor pada tahun 1971 yang berhasil menguasai industri perkomputeran selama beberapa dekade.



Pada tahun 1975, kedua perusahaan telah bekerja sama dalam membangun mikroprosesor Intel 8080 untuk IBM. Tapi itu berumur pendek dan sejak saat itu, pertempuran untuk menguasai industri Mikroprosesor mulai mengambil dimulai. Sejak saat itu, Intel tidak diragukan lagi keberadaannya di industri mikroprosesor.

Intel cukup terfokus pada pembangunan mikroprosesor yang lebih cepat dan lebih kuat. Keberhasilan mereka cukup jelas dengan merilis seri pentium dan Intel dalam promo pemasaran yang jeli, mikroprosesor mereka dengan cara penjualan di atas semua kompetisi. Walaupun Intel masih memegang nomor satu, sudah ada serangan serius dari AMD ke beberapa wilayah dengan beberapa prosesor AMD menyaingi kinerja Intel, dan pada beberapa kesempatan bahkan melebihi.

AMD menawarkan pada massa dengan harga yang relatif murah. Mereka mungkin tidak memiliki prosesor tercepat, tetapi biaya untuk membelinya tidak perlu merogoh kocek yang terlalu dalam. Mereka telah dikenal sebagai underdog industri dan sering terlibat dalam tuntutan hukum oleh Intel. AMD mulai memperoleh angin segar dalam persaingan dengan Intel di tahun-tahun awal abad ke-21 saat orang-orang berpikir harga yang lebih murah menjadi lebih masuk akal dari komputasi lebih cepat. Mereka juga bergabung dengan ATI Technologies (Produsen kartu grafis yang terkenal Radeon) dalam upaya untuk mengembangkan bisnis mereka.

Sebuah faktor yang berkontribusi terhadap harga yang jauh lebih tinggi dari prosesor Intel dalam ukuran memori cache L2 mereka. Kebanyakan prosesor Intel dua kali lipat jumlah L2 cache daripada rekan mereka di AMD. Memori cache memungkinkan prosesor untuk menyimpan data yang paling sering digunakan dalam prosesor itu sendiri untuk akses cepat. AMD counter ini dengan mengintegrasikan memory controller di dalam prosesor untuk mempersingkat jalur data yang mengambil. Langkah ini juga memungkinkan AMD untuk menutup kesenjangan kinerja antara dua produsen.

Ringkasan:
1. prosesor Intel mengungguli AMD prosesor pada kebanyakan kasus
2. prosesor AMD biasanya lebih murah dibandingkan prosesor yang setara mereka dari Intel
3. prosesor Intel umumnya memiliki dua kali lipat jumlah L2 cache
4. prosesor AMD telah terintegrasi kontroler memori yang tidak ada pada prosesor Intel

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India